Menu Utama

     Pendiri SCJ

     Kongregasi SCJ
     Perdoman Hidup
     Propinsi Indonesia
     Karya
     Komunitas
     Elenchus
     Doa Persembahan
     Artikel
     Necrologium
     Link Propinsi SCJ
     BLOG Berita
 
Kontak - Info


Propinsialat SCJ Indonesia

Jl. Karya Baru 552/94  Km.7
Palembang  30152
Sumatera Selatan
Indonesia
Telp. +062 0711 410835
Fax. +062 0711 417533
Email: sekpropscj@gmail.com

 
Biara Gembala Baik - Gisting

Pemberkatan Biara Gembala Baik

 

Membawa orang lain ke dalam lingkungan rahmat Allah

 

“Seorang anak menemukan teman sekolahnya tidak mampu membeli pensil dan alat tulis lainnya. Maka ia datang kepada bapaknya meminta uang agar bisa membantu temannya. Sang bapak memberinya uang dan ia memberikannya kepada temannya. Oleh karenanya, teman sekolahnya tercukupi kebutuhannya karena temannya memasukkan dia dalam lingkungan kasih bapaknya.”

 

  

Cerita ini digunakan oleh Bapa Uskup Al. Sudarso SCJ dalam kotbahnya untuk mengajak para hadirin menjadi seperti anak yang membawa banyak orang lain masuk dalam lingkungan rahmat Allah. Para konfrater lanjut usia mempunyai peran sangat besar dalam hal ini, membawa banyak orang ke dalam lingkungan rahmat Allah melalui doa mereka.

 

Sementara itu, Mgr Andreas Henrisoesanta SCJ dalam pengantar misa pemberkatan mengatakan bahwa kita harus tetap memberi kesaksian kepada masyarakat. Beliau menekankan bahwa kesaksian itu dilakukan dalam bentuk hidup berkomunitas.

 

Demikianlah, upacara pemberkatan Biara Gembala Baik dilaksanakan pada hari Kamis, 24 April 2008. Upacara pemberkatan dipimpin oleh Mgr. Andreas Henrisoesanta SCJ didampingi oleh Mgr. Al. Sudarso SCj dan Pater Propinsial Alex Sapta Dwi Handoko SCJ. Upacara dihadiri oleh konfrater SCJ, para Suster Fransiskus dari Georgius Martir (FSGM), pimpinan para Suster Belas Kasih Yesus (HK) dan pimpinan para suster Fransiskus Charitas (FCh).

 

Pemberkatan juga dihadiri oleh para donatur, yaitu dari propinsi Belanda : P. Heinz Baart SCJ dan P. Arie Bontje SCJ, dari propinsi Amerika: P. Francis Vu, dan juga donatur dari dalam negeri yang membantu terlaksananya pembangunan Biara Gembala Baik ini. Hadir juga dalam acara ini, konfrater dari India dan dari distrik Filipina.

Dalam sambutannya, Pater Propinsial menyampaikan terima kasih kepada banyak pihak yang telah memberikan dukungan begitu besar terhadap propinsi Indonesia untuk memberikan perhatian kepada konfrater lanjut usia. Pater Propinsial juga membacakan sambutan tertulis Pater Jendral dari Roma.

 

 

Seusai Misa Pemberkatan dilakukan peresmian Biara Gembala Baik oleh Bupati Kabupaten Tanggamus dan Kepala Dinas Kependudukan dan Transmigrasi Propinsi Lampung yang mewakili Gubernur. Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa hubungan antar umat beragama di Gisting sangat baik dan beliau menyatakan bahwa akan terus berusaha untuk menjaga dan meningkatkan hubungan baik ini.

 

 

Malam sebelum pemberkatan dilakukan kenduri, mohon berkat kepada Tuhan dengan cara Islam. Di sekitar Biara Gembala Baik, sebagian besar masyarakat beragama Islam, maka mereka diundang untuk memohonkan berkat bagi rumah ini. Hadir dalam kenduri ini sekitar 100 orang bapak-bapak yang mendukung dengan doa-doa mereka.

 

Setelah semua rangkaian pemberkatan dan peresmian biara ini selesai, para konfrater senior, yaitu yang telah menjalani hidup membiara lebih dari 25 tahun berkumpul untuk membicarakan hidup dan kehidupan para SCJ purna karya. Acara dibuka dengan pemaparan kebijakan propinsi tentang purna karya sesuai dengan direktorium propinsi oleh Pater Propinsial.

 

Dan agar para konfrater senior mengenal rumah Biara Gembala Baik ini, Br. Yacobus Logtens SCJ, pemimpin proyek pembangunan ini, memperkenalkan seluk beluk rumah, fasilitas yang ada, dan segala hal yang sudah dipersiapkan secara matang agar memberikan kenyamanan kepada yang akan tinggal di rumah ini.

Biara Gembala Baik terdiri dari 20 kamar tidur dan 1 kamar khusus untuk pengelola. Ruang Kapel bersambung dengan ruang makan. Biara ini juga dilengkapi dengan ruang kontrol, tempat pengawasan dan penjagaan konfrater lansia. Di salah satu sudut dibuat sebuah ruang jenasah.

  

 

Di ruang ini dipajang 8 lukisan dalam kaca es yang menggambarkan perjalanan hidup beriman manusia. Biara Gembala Baik dihubungkan dengan novisiat dan postulat oleh suatu lorong kanopi, yang dinamai Jame’s Road, untuk mengenang Br. Yacobus yang membangun tempat ini. Setiap kamar dilengkapi dengan fasilitas yang mencukupi, menolong dan memudahkan konfrater lansia yang tinggal di dalamnya.
Info Tambahan

     Pastoral Panggilan
     Prokur Misi
     RR Giri Nugraha
     P.A. Pasang surut
  Biara Gembala Baik
     Biara Timika
     Skolastikat - Yogya
     V.V.P. - Yogya
     Novisiat SCJ - Gisting

 

 

 
Multimedia



 
:: © SCJ Propinsi Indonesia - Terima kasih Anda telah mengunjungi situs ini ::