Kapitel IX SCJ Provinsi Indonesia

Spiritualitas: Landasan Dasar Ke-SCJ-an

Spiritualitas merupakan dasar hidup sebuah institusi religius. Para anggota SCJ mendasarkan hidupnya pada spiritualitas Hati Kudus Yesus yang menjadi pusat penggerak seluruh kehidupan tarekat. Karena itu, spiritualitas mesti selalu menjadi bagian hidup para anggota SCJ.

Bagi Kongregasi Imam- imam Hati Kudus Yesus (SCJ), salah satu aspek yang kuat dari spiritualitas itu adalah semangat Ecce Venio (Aku datang untuk melakukan kehendakMu, ya Tuhan). Aspek ini, kalau dihayati dengan baik dan benar, akan mewarnai seluruh hidup seorang Dehonian.

Bagi SCJ, spiritualitas dan kharisma kongregasi dihayati dalam menjalin relasi dengan Allah, dalam komunitas persaudaraan dan dalam karya pelayanan. Setiap anggota SCJ mesti menghidupi dan mengembangkan semangat kesiapsediaan (Ecce Venio). Ecce venio tidak hanya berhenti menjadi slogan kesalehan spiritual, tetapi juga mesti diikuti dengan upaya pengembangan diri agar siap dalam segala situasi.

Semangat kesiapsediaan (readiness) dike m bangkan dalam masa formatio, baik oleh diri pribadi maupun oleh komunitas. Para kapitulan menegaskan bahwa kesiapsediaan dihayati dalam dialog yang jujur dan terbuka. Dalam hal ini, setiap anggota mengkomunikasikan potensi diri. Sebaliknya, tarekat mengkomunikasikan apa yang menjadi kebutuhannya untuk akhirnya bersama-sama menemukan kehendak Allah.

Konsekuensinya adalah para anggota SCJ mesti berani menerima setiap anggota seutuhnya, apa adanya. Setiap anggota SCJ hidup dalam komunitas persaudaraan. Setiap SCJ mesti punya tempat, apa pun keadaannya karena ia punya hak untuk tinggal di rumahnya.

Karena itu, setiap pribadi harus menerima konfraternya seutuhnya, menerima sebagaimana seharusnya ia ada, sembari mengarahkan pada kesempurnaan. Tentu saja hal ini butuh perjuangan untuk mewujudkannya dalam hidup sehari-hari. Mengapa?

Karena setiap anggota membawa dalam dirinya latar belakang, visi misi , dan keinginan-keinginan dirinya. Dalam diri setiap orang ada harapan untuk berubah menjadi lebih baik.

Untuk membantu mewujudnyatakan suatu hidup spiritualitas yang semakin berkualitas dibutuhkan sebuah pusat spiritualitas. Kehadiran pusat spiritualitas ini menjadi sebuah candradimuka atau pusat penggodokan nilai-nilai ke-SCJ-an. Niai-nilai ini kemu d ian ditularkan kepada para anggota SCJ.

Menurut kelompok kerja (pokja) yang membidangi spiritualitas, pusat spiritualitas menjadi hal yang sangat penting. Pusat ini harus diwujudkan dengan menunjuk orang-orang yang disiapkan. Propinsi mempunyai banyak orang yang potensial, tetapi belum dimanfaatkan secara efektif. Pusat spiritualitas sejalan dengan harapan pihak Generalat bahwa setiap entitas punya pusat studio Untuk hal ini, pihak Generalat menyediakan beasiswa bagi para anggota yang ingin mendalami spiritualitasguna mewujudkan harapan untuk memiliki pusat spiritualitas.

Konsekuensi lanjut adalah dukungan terhadap pastoral belas kasih. Bentuk pastoral ini merupakan salah satu bentuk pengejawantahan tema kapitel lX. Pastoral ini tidak bertujuan sekedar menyenangkan orang, tetapi juga mesti memberikan pendidikan agar orang berani bertanggung jawab atas setiap keputusan dan tindakan.

K arena itu, pastoral belas kasih bersifat aktif, tidak menunggu tetapi berinisiatif mencari dan menemukan. Belas kasih harus mengatasi hukum sejauh hukum itu hanya bersifat mengatur, bukan hukum fundamental. Hukum mesti dilihat dalam perspektif demi keselamatan jiwa-jiwa .

Untuk itu, para peserta kapitel sangat menyadari hadirnya sebuah Direktorium Propinsi yang menjadi pedoman arah dalam cara hidup ke-SCJ-an. Direktorium Propinsi menjadi salah satu sarana pembelajaran dan pengembangan spiritualitas. Karena itu, diperlukan tim yang menyiapkan bahan-, bahan pendalaman dari draft DirProp untuk kemudian dipelajari, didiskusikan, disharingkan dalam komunitas atau wilayah. Pembelajaran tentang DirProp menjadi gerakan bersama agar pada akhirnya DirProp yang sudah direvisi dan masih dalam bentuk draft bisa disahkan dalam kapitel luar biasa. **
:: © SCJ Propinsi Indonesia - Terima kasih Anda telah mengunjungi situs ini ::