Menu Utama

     Pendiri SCJ

     Kongregasi SCJ
     Perdoman Hidup
Propinsi Indonesia   
     Karya
     Komunitas
     Elenchus
     Doa Persembahan
     Artikel
     Necrologium
     Link Propinsi SCJ
     BLOG Berita
 
Kontak - Info


Propinsialat SCJ Indonesia

Jl. Karya Baru 552/94  Km.7
Palembang  30152
Sumatera Selatan
Indonesia
Telp.: (+62) 0711 410835
Fax: (+62) 0711 417533
Email: sekpropscj@gmail.com

 
Link Bermanfaat

     Renungan Pagi

 
SCJ Propinsi Indonesia

Mengenang Beberapa Misionaris SCJ di Indonesia

Begitu jelas ingatan akan para misionaris dalam benak orang-orang yang pernah bergaul dan bekerjasama dengan mereka, dalam pertemuan beberapa orang yang pernah bergaul dengan mereka terungkap kenangan ini.

Mgr. Alb. Hermelink, SCJ

Ia adalah orang yang baik hati, kenal dengan banyak orang. Setiap pagi sebelum Misa ia berdiri di depan pastoran di mana banyak orang lewat. Ia menyapa semua yang lewat, "Jualan apa Pak? Tindak peken Mbok? (Pergi ke pasar Bu?)". Setiap sore, dengan berbekal payung dan senter ia berkunjung ke tempat orang ­orang, baik yang Katolik maupun yang tidak Katolik. Ia mengajak berbicara dengan seluruh keluarga yang dikunjungi. Akibatnya, ia mengenal banyak orang, baik orang besar maupun orang kecil. Ia menekankan dalam Misa Kudus agar paling tidak seorang dalam keluarga hadir dalam Misa Kudus sebagai wakil dari keluarga.

Gembala ini juga memperhatikan beasiswa untuk anak yang tidak mampu. Kadangkala ia rela tertipu. Kalau diberitahu ia justru bertanya, "Sebab apa saya tidak boleh memberikan barang saya kepada orang yang suka menipu?" Ia suka memberi kepada siapa saja yang membutuhkan.

Pastor Th. Borst

Pastor ini berani bertindak keras bila memang harus keras. Dan mengatakan tidak bila memang harus mengatakan demikian. Karakter ini sangat bertolak belakang dengan Pastor Andreas Gebbing yang sabar, tenang dan halus.

 

 

 

 

 

Pastor Mattheus Gerlachus Neilen

Ia sangat menekankan pelajaran agama sebagai ujung tombak pewartaan. Oleh karenanya ia meminta para guru mengajar agama, dan seminggu sekali mereka harus membuat laporan. la sangat pandai mengajar. Yang unik dari dirinya, ia suka memberikan julukan kepada para muridnya untuk memudahkan ia mengenal orang tersebut. Ia sangat menyenangkan bila sedang mengajar. Ia bisa guyon (bercanda) dengan semua orang. Pastor ini juga menekankan mistagogi sebagai pelajaran lanjutan bagi orang yang sudah dibaptis. Maka yang sudah dibaptis tetap harus ikut pelajaran agama di Gereja. Yang mengajar Pastor Neilen sendiri.

Informasi

     Pastoral Panggilan
     Prokur Misi
     RR Giri Nugraha
     P.A. Pasang surut
     Biara Gembala Baik
     Biara Timika
     Skolastikat - Yogya
     V.V.P. - Yogya
     Novisiat SCJ - Gisting

 
Multimedia



 
:: © SCJ Propinsi Indonesia - Terima kasih Anda telah mengunjungi situs ini ::